Ada Apa Dengan Gula?


Minggu 1


Selamat tahun baru sahabat Bohan! Tahun yang baru semoga menjadi tahun yang lebih berkah dan maju dibandingkan tahun lalu. Sudah punya resolusi untuk tahun 2018 ini? Bagaimana jika dr. Bohan tambahkan satu lagi resolusi untuk para sahabat semua untuk di tahun 2018? Resolusi untuk kesehatan. Resolusinya adalah bisa tetap sehat dan jarang sakit di tahun 2018! Nah bicara soal sehat, mari kita tengok untuk membahas salah satu penyebab besar berbagai masalah kesehatan. Apa itu? GULA! Wah.. ada apa dengan gula? Yuk kita bahas sejenakā€¦

Jika kita bicara mengenai gula, yang terpikir dalam pikiran kita adalah rasa manis. Gula termasuk karbohidrat. Karbohidrat dibagi menjadi karbohidrat komples dan karbohidrat sederhana. Gula manis yang kita semua kenal termasuk dalam karbohidrat sederhana. Pada dasarnya karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber utama energi, namun kita bisa cukup mendapatkan kebutuhan karbohidrat untuk tubuh kita dari karbohidrat kompleks serta tambahan dari karbohidrat alami buah-buahan. Contoh sumber karbohidrat kompleks diantaranya kacang-kacangan, kentang, sayuran hijau, beras merah, dan lainnya.

Jika kita mengonsumsi karbohidrat berlebihan, lebih dari kebutuhan tubuh, maka akan di simpan sebagai lemak. Perbedaan karbohidrat sederhana dan kompleks di dalam tubuh kita adalah karbohidrat sederhana lebih cepat dicerna dan diabsorbsi tubuh sehingga cepat menaikkan kadar gula di darah. Ketika kita sedang mengalami kondisi dimana gula darah kita drop dibawah batas normal (hipoglikemi) maka kita dapat dibantu cepat menaikkannya dengan mengonsumsi karbohidrat sederhana. Gejala hipoglikemi diantaranya keringat dingin, gemetaran, dan lemas. Namun selain daripada itu kita tidak begitu perlu untuk mengonsumsi karbohidrat sederhana. Mengonsumsi karbohidrat terutama karbohidrat sederhana yang berlebihan dapat menjadi sumber penyebab berbagai masalah kesehatan seperti diabetes.

Jadi, bijaklah memilih makanan anda healthy people!