MANIS TAPI BERBAHAYA


Minggu 1


Healthy People, siapa sih yang ga suka sama ice cream? Cake Atau Coklat? Cewe – cewe sih pasti suka sama makanan yang manis – manis tersebut, ya kan? Hehe.

Apalagi kalo makannya sambil nonton movie dirumah, itu pasti jadi jadwal kamu kalo lagi liburan tapi ga kemana – mana kan?

Hati – hati tapi yah guys untuk makan makanan yang manis – manis tersebut, kamu harus ingat akan penyakit yang timbul akibat kamu makan makanan yang mengandung banyak kadar gula, kalo ga dari sekarang dikurangin, nanti kamu bisa kebiasaan dan susah untuk ubah pola makan loh.

Tentunya kita ingin selalu bisa makan enak, dan rasa manis adalah rasa yang umumnya difavoritkan. Namun penelitian pada tikus di Princeton Neuroscience Institute membuktikan bahwa jika berlebihan mengonsumsi gula, maka lama-lama bisa ketergantungan. Ternyata gula bisa menstilmulasi pusat kepuasan di otak yang sama dengan yang distimulasi oleh kokain dan heroin. Makin sering dan banyak kita mengonsumsi yang manis, indera perasa kita akan semakin toleransi terhadap rasa yang lebih manis.

Lalu apa bahayanya jika kita menjadi ketergantungan dengan gula? Gula yang kita bicarakan adalah gula sederhana yang bisa kita dapatkan dari makanan manis seperti roti manis, kue, permen, coklat manis, serta minuman kemasan. Gula sederhana dalam batas yang wajar dan aman tidak mengapa, namun jika berlebihan maka dapat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Tubuh manusia tidak dibuat untuk dapat menerima konsumsi gula yang berlebihan. Apa saja masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan dari konsumsi gula berlebih? Diantaranya:

Meningkatkan resistensi insulin Insulin adalah hormon yang di produksi oleh organ pankreas kita. Hormon insulin berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Mengonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan resistensi terhadap insulin, yaitu dimana tubuh tidak merespon terhadap insulin. Resistensi insulin dapat menyebabkan terjadinya beberapa penyakit seperti diabetes serta kolesterol tinggi.

Meningkatkan risiko meninggal karena penyakit jantung Sebuah penelitian besar di Amerika mendapatkan bahwa diet tinggi gula dapat meningkatkan risiko meninggal karena penyakit jantung meskipun berat badan tidak berlebih.

Merusak hati Terlalu banyak mengonsumsi gula akan menjadi berat untuk hati karena hati tidak dapat memetabolisme gula tersebut dengan baik jika berlebihan. Pada akhirnya gula yang berlebih tersebut akan diubah menjadi lemak oleh hati.

Faktor utama yang mendorong berkembangnya penyakit kronik Beberapa penelitian di Amerika menkonfirmasi bahwa gula adalah faktor utama yang mendorong berkembangnya obesitas dan penyakit kronik seperti kanker, penyakit alzheimer dan lainnya.

So Healthy People! Jangan terlalu banyak makan yang manis-manis yaaa!