Fungsi dan Peran Kolesterol


Minggu 1


Salam semangat sahabat Bohan semua! Selamat berpuasa bagi sahabat muslim sekalian, semoga bisa menjalankan ibadah puasanya dengan baik dan lancar. Dokter Bohan mau mengingatkan saja agar nanti ketika tiba hari raya Idul Fitri teman-teman tetap menjaga asupannya ya. Tentunya hari tersebut ingin dirayakan dan dinikmati dengan baik, namun tetap berusaha agar tidak berlebihan dalam terutama asupan lemak dan gulanya. Bicara mengenai lemak, jika para sahabat sekalian mendengar kata kolesterol, pasti pikirannya langsung menilai kolesterol sebagai sesuatu yang negatif. Namun, apakah sahabat tahu bahwa ternyata kolesterol itu sesungguhnya dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki fungsi dan peran yang penting untuk tubuh. Yang menjadikan kolesterol tidak baik adalah jika kemudian menjadi berlebih di dalam darah karena berbagai faktor penyebab. Sebetulnya apa saja sih fungsi dan peran kolesterol untuk tubuh kita? Mari kita bahas.

Kolesterol adalah salah satu jenis lipid (lemak). Jenis lain dari lipid adalah trigliserida dan asam-asam lemak. Fungsi lipid diantaranya adalah sebagai sumber energi, bagian penting dari membran sel, dibutuhkan untuk pembentukan beberapa hormon dan asam empedu, serta sebagai komponen sistem saraf. Untuk kolesterol sendiri, fungsinya adalah sebagai bagian penting dari membran sel, dibutuhkan untuk pembentukan hormon estrogen, progesteron, testosteron, cortisol, aldosteron, serta bentuk aktif dari vitamin D, dan juga dibutuhkan untuk pembentukan asam empedu. Asam empedu sangat dibutuhkan untuk penyerapan lemak serta vitamin-vitamin laruk lemak (A. D, E, K) di dalam pencernaan.

Dari penjelasan di atas maka jelaslah bahwa manusia sangat membutuhkan kolesterol, namun tetap mesti dijaga jangan sampai menjadi berlebih kadarnya di dalam darah, karena bisa menimbulkan beberapa kondisi yang dapat membahayakan nyawa. Kolesterol ada yang kita dapatkan secara langsung melalui asupan makanan, namun kebanyakan di bentuk di dalam tubuh, utamanya di hati, dari lemak jenuh yang kita konsumsi sehari-hari. Maka nikmati asupan makanan para sahabat semua tapi jangan lupa untuk menjaga kadar lemak di dalam darahnya tetap dalam batas normal.

Mohon maaf lahir dan batin!