Diet Yang Tepat


Minggu 1


Salam sehat sahabat Bohan semua! Kembali kita bahas mengenai diet. Saat ini marak beredar tawaran berbagai macam diet yang dikatakan adalah diet yang paling baik dan sehat. Semua mengajukan klaim bahwa diet yang mereka tawarkan adalah diet yang paling baik dan sehat. Mungkin sahabat Bohan kemudian menjadi bingung, mesti mengikuti diet yang mana? Mengapa ada testimoni orang-orang yang mengatakan berhasil, namun ada yang tidak berhasil. Sesungguhnya, setiap orang adalah unik, sehingga diet mana yang cocok dengan seseorang tergantung dari genetik dan faktor lingkungan seseorang. Namun satu prinsip yang perlu dipegang adalah bahwa tiap orang perlu tetap menjaga pemenuhan kecukupan gizinya masing-masing, baik mikronutrien maupun makronutrien.

Tiap orang mempunyai keunikan genetik yang berbeda. Ada orang-orang yang mungkin cocok dengan makanan tertentu, namun ternyata makanan tersebut adalah ‘racun’ bagi orang lain. Suatu diet tertentu mungkin dapat cocok untuk orang-orang dengan genetik dan faktor lingkungan tertentu namun tidak untuk orang dengan genetik dan faktor lingkungan lain. Ada orang-orang yang mungkin masih dapat cocok dengan diet tersebut namun dengan penyesuaian/modifikasi tertentu, akan tetapi ada yang benar-benar tidak dapat cocok. Ada juga diet yang memang bukan untuk jangka panjang, karena tidak seimbang kecukupan nutriennya. Diet jangka panjang layaknya adalah diet yang menjaga gizi seimbang. Jika ada makanan tertentu yang tidak cocok dikonsumsi, maka perlu dicarikan penggantinya agar kecukupan gizinya dapat tetap terpenuhi. Mungkin dalam jangka waktu pendek anda merasakan suatu efek positif dari suatu diet yang anda jalani tersebut, namun dalam jangka panjangnya anda kemudian merasakan efek dari ketidakseimbangan nutrisi yang selama ini terjadi pada anda.

Yang dapat menentukan diet yang baik dan sehat untuk anda adalah anda sendiri, dengan menumbuhkan kesadaran untuk merasakan mana makanan yang setelah anda konsumsi memberikan efek yang negatif atau positif ke badan anda. Untuk menyusun pola diet tersebut akan jauh lebih baik jika anda didampingi oleh seorang ahli gizi atau dokter spesialis gizi yang bisa membantu anda menghitung angka kebutuhan gizi anda serta menyarankan makanan pengganti bagi makanan tertentu yang tidak cocok anda konsumsi. Diet dari negara lain yang berbeda ras belum tentu dapat begitu saja diadopsi ke orang Indonesia, karena genetik dan faktor lingkungan mereka dapat banyak berbeda. Sayangi badan anda! Jangan begitu mudah terbuai oleh berbagai tawaran yang anda belum begitu pahami. Lebih bijak jika anda terlebih dahulu menanyakan pada ahli yang kompeten.

Yuk Lebih Bijak!