BohanFood Sehat


Minggu 3

Apa itu Asam Urat?


Salam semangat healthy people! Bagaimana awal tahun baru anda? Sudahkah anda kembali kepada rutinitas anda? Sudah kembali menjaga pola makan anda ke pola makan yang sehat? Apakah anda termasuk salah seorang penyandang Gout yang perlu menjaga pola makannya agar penyakit Gout-nya tidak kumat? Tidak sedikit orang yang mengalami penyakit Gout sehingga perlu menghindari makanan tertentu yang dapat membuat penyakit Gout-nya kumat. Jadi para penyandang Gout sudah mengetahui bahwa mereka perlu menghindari makanan tertentu yang dapat menaikkan kadar asam urat darah mereka dan menyebabkan sendi tertentu di tubuh mereka menjadi bengkak dan nyeri. Namun apakah mereka dan anda tahu asam urat itu sebetulnya apa? Yuk, mari kita bahas…!

Asam urat adalah produk akhir dari pemecahan purin. Purin adalah suatu substansi kimia yang terkandung dalam beberapa bahan makanan seperti jeroan dan lainnya. Ginjal kita bertugas untuk mengeluarkan asam urat dari darah kita. Jika ginjal tidak dapat mengeluarkan atau hanya bisa sedikit mengeluarkan asam urat dari darah kita atau jika terlalu banyak asam urat yang dihasilkan oleh tubuh kita, maka akan terjadi hiperurisemia, yaitu kadar asam urat darah yang tinggi. Jika terjadi hiperurisemia tidak semerta-merta maka orang tersebut dikatakan terkena penyakit Gout. Pada orang dengan hiperurisemia, asam uratnya pada akhirnya dapat diubah menjadi kristal urat yang dapat menumpuk di jaringan sekitar sendi sehingga memicu peradangan yang menyebabkan sendinya menjadi bengkak dan nyeri, saat itulah seseorang dikatakan terkena penyakit Gout.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang lebih rentan untuk terkena penyakit Gout, yaitu diantaranya adalah:

- Berat badan berlebih

- Riwayat keluarga dengan penyakit Gout

- Mengidap penyakit hinjal

- Dan lainnya

Jadi, jika anda adalah seorang penyandang Gout, jagalah asupan makanan anda supaya penyakit Gout anda tidak kumat, dan jika anda bukan penyandang Gout, anda juga perlu menjaga asupan makanan anda supaya anda dapat terhindar dari penyakit Gout.

So, keep healthy!