BohanFood Sehat


Minggu 2

Bahaya Tekanan Darah Tinggi


Salam bahagia healthy people! Hati dan pikiran yang bahagia akan membuat hidup anda lebih terasa damai dan tenang. Jika kita banyak tersenyum dan berpikiran positif akan banyak membantu menjaga kesehatan kita juga. Jika kita bisa menjaga emosi dengan baik maka bisa membantu menjaga tekanan darah kita dalam batas normal, meskipun tetap ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi. Mungkin menjadi pertanyaan di benak sahabat sekalian, sebetulmya apa bahayanya jika tekanan darah kita tinggi? Yang dimaksud adalah tekanan darah tinggi yang berkepanjangan atau dikenal dengan hipertensi.  Yuk mari kita paparkan.

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dengan baik dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan terjadinya stroke, dimana dinding pembuluh darahnya terus melemah hingga akhirnya dapat pecah dan menyebabkan stroke perdarahan. Tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan gangguan jantung termasuk serangan jantung. Ketika tekanan darah tinggi, maka jantung akan harus memompa lebih keras agar dapat tetap menyalurkan darah dengan baik. Dalam jangka waktu lama, jantung akan tidak dapat lagi sanggup bekerja dengan baik, sehingga dapat muncul gangguan-gangguan jantung tertentu.

Ginjal adalah salah satu organ yang juga dapat terkena dampak dari tekanan darah tinggi yang berkepanjangan. Jika ginjal terus menerus menerima tekanan yang tinggi, maka lama-lama akan menyebabkan kerusakan pada jaringan ginjal tersebut sehingga dapat terjadi gangguan pada ginjal hingga gagal ginjal. Jika sudah terjadi gagal ginjal maka akan menjadi makin kompleks karena akan membuat tekanan darahnya makin sulit dikontrol. Selain otak, jantung dan ginjal, kedua mata juga dapat terkena dampak yang cukup serius. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan pada saraf mata hingga dapat menyebabkan kebutaan.

Itulah beberapa risiko yang dapat terjadi jika tekanan darah anda tinggi dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu, maka jangan meremehkan tekanan darah yang tinggi, pastikan anda rutin memeriksakan tekanan darah anda terutama jika anda memiliki faktor risiko tinggi untuk terkena hipertensi seperti riwayat keluarga dengan hipertensi, kolesterol tinggi, atau lainnya.

Salam Bahagia!